Monday, October 28, 2013

Pengenalan Komputer

Perkembangan teknologi era saat ini sangat berkembang pesat, termasuk teknologi komputer. Komputer sebagai alat yang dapat menerima input data, mengolah data dan memberikan hasil dalam bentuk informasi ternyata banyak digunakan di berbagai bidang dan memberikan banyak keuntungan.
Selain itu komputer juga merupakan alat informasi, komunikasi dan hiburan yang memiliki tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Komputer pada mulanya digunakann untuk menggambarkan orang yang bekerja dengan perhitungan aritmatika. Seiring berkembangnya fungsi komputer maka kata komputer berpindah menjadi nama mensin itu sendiri.

Komponen komputer dibagi menjadi tiga bagian, hardware, software dan brainware.
* Hardware merupakan perangkat keras. Secara fisik bisa dilihat, dipegang dan dipindahkan. 
* Software merupakan perangkat lunak berupa sistem operasi dan program aplikasi. Sistem operasi memiliki fungsi mengontrol dan mengkoordinasikan penggunaan hardware untuk berbagai aplikasi. Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk membantu menyelesaikan masalah pengguna.
* Brainware merupakan sumber daya manusia yang menjadi pengguna komputer secara langsung.

Ketiga komponen tersebut sangat berkaitan dan saling mendukung untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hardware dan software yang mampu berjalan dengan baik akan sangat membantu pekerjaan orang yang menggunakan komputer. Seiring dengan berjalannya waktu, komputer dibagi menjadi dua macam yaitu Personal Komputer/Komputer Dekstop dan Laptop.

No comments:

Post a Comment